Saturday, February 8, 2020

Membaca Pemahaman: Contoh Teks Pada Soal Tentang Membaca Pemahaman Siswa Sd

Membaca Pemahaman: Membaca Cepat: Membaca SQ3R

 Sombong Berujung Penyesalan


Pada suatu pagi, beberapa anak burung berkumpul di tengah hutan sambil bergurau. Mereka adalah Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, Burung ELang, lalu Burung Gereja.

Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, lalu Burung Elang memamerkan diri kepada Burung Gereja. Burung Merak memamerkan bulunya yg indah. Burung Beo memamerkan suaranya yg indah. Burung Murai Batu memamerkan kicauannya yg merdu. Burung Elang memamerkan kegagahannya. 

Burung Gereja sedih. Tak ada dalam dirinya yg bisa dibanggakan. Bulunya tidak indah. Suaranya juga tidak merdu. Badannya pun tidak gagah. Lalu, Burung Gereja pulang ke rumah lalu bertemu dengan ibunya. Ia menceritakan kesedihannya. Ibu Burung Gereja menghibur anaknya.

Suatu hari, Burung Gereja berjalan-jalan ke hutan. Ia ingin sekali menemui teman-temannya, tetapi tidak ada satu pun temannya yg terlihat. Ia lalu berjalan ke tepi hutan. Di tempat Pak Tani, Burung Gereja melihat Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, lalu Burung Elang dalam perangkap Pak Tani. Mereka bercerita hendak dijual ke kota.

Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, lalu Burung Elang sedih. Mereka menyesali kesombongannya. 

Dikutip dengan pengubahan dari Cermat Berbahasa, Penerbit Tiga Serangkai

1.    Berapakah jumlah paragraf dengan waca di atas?

2.    Tulislah kalimat pertama dengan paragraf ke-3!

3.    Tulislah kalimat ke-3 dengan paragraf ke-4!

4.    Latar tempat cerita tersebut adalah....

5.    Watak tokoh Burung Murai Batu dalam cerita tersebut adalah ….

6.    Amanat yg beroleh kita petik dari cerita tersebut adalah ….

7.    Mengapa burung gereja merasa sedih?

8.    Pada paragraf berapakah dijelaskan burung elang memamerkan kegagahannya? Berikan bukti teksnya!

9.    Apakah ide pokok paragraf ke-2?

10.    Pada cerita di atas, dengan siapakah burung gereja bercerita?  Tulislah bukti teksnya!

No comments:

Post a Comment