Wednesday, January 22, 2020

Soal Latihan Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Sd 2016

1. Petunjuk Pemakaian Obat   
  KOMADEK                                               
  Sirup obat batuk anak
  Aturan pakai:
  1-5 tahun ½ sendok teh, 3 kali sehari
  5-10 tahun 1 sendok teh, 3 kali sehari

Perhatikan gambar di atas !
Petunjuk yg tepat untukmenggunakan obat ini coba Raihan berumur 9 tahun adalah . . . .
A.    Sekali minum 1 sendok teh.
B.    Sekali minum ½ sendok teh.
C.    Sehari 3 kali minum, setiap minum ½  sendok teh.
D.    Sehari 3 kali minum, setiap minum 1 sendok teh.

2.    Perhatikan penggunaan produk di bawah ini !
    ( 1 ) Tancapkan steker blender ke stopkontak.
    ( 2 ) Tekan tombol off coba semua bahan sudah halus.
    ( 3 ) Masukkan bahan-bahan yg mau dihaluskan ke dalam blender.
    ( 4 ) Tutup rapat blender bersama tekan tombol on.
    ( 5 ) Tunggu hingga semua bahan menjadi halus.
   
    Urutan petunjuk penggunaan blender adalah yg tepat adalah . . . .
A.    ( 1 ) – ( 3 ) – ( 4 ) – ( 5 ) – ( 2 )       C.    ( 3 ) – ( 1 ) – ( 2 ) – ( 5 ) – ( 4 )
B.    ( 1 ) – ( 4 ) – ( 3 ) – ( 5 ) – ( 2 )       D.    ( 3 ) – ( 1 ) – ( 5 ) – ( 4 ) – ( 1 )


3.    Perhatikan rubrik di bawah ini !

              Akhir-akhir ini di daerah perkotaan sering terjadi banjir. Banjir disebabkan oleh curah hujan yg tinggi bersama luapan air sungai. Bahkan luapan air sungailah yg menjadi penyebab utamanya.Yang memprihatinkan, hal itu terjadi karena beberapa warga yg tinggal di dekat sungai sering membuang sampah di sungai. Jika kebiasaan itu terus berlangsung, tidak hanya merugikan dirisendiri tetapi bisa menyebabkan bencana bagi warga yg lain.
   
Kalimat saran yg tepat untuk menanggapi rubrik di atas adalah . . . .
A.    Sebaiknya warga tidak tinggal di sekitar sungai.
B.    Sebaiknya warga tidak membuang sampah di sungai.
C.    Sebaiknya warga berperilaku hidup sehat.
D.    Sebaiknya warga menanam pohon di dekat  sungai.

4.    Bacalah penggalan pengumuman berikut ini !
Pengumuman
              Dalam rangka mengisi kegiatan tengah semester, SDN Karangturi akan  mengadakan
    pertandingan sepak bola antar kelas. Kegiatan mau dilaksanakan besok dengan :
            Hari    :    Senin – Kamis
            Tanggal    :    8 – 11  Oktober 2012
            Waktu    :    Pukul 08.00 – selasai
            Tempat    :     Lapangan olah raga Desa Karangturi
           
            Bagi peserta yg ingin mengikuti pertandingan, harap mendaftarkan diri dengan guru kelas masing-masing.
    . . . .
       Cuplikan pengumuman di atas berisi . . . .
A.    Hari bersama tanggal pelaksanaan pertandingan sepak bola antar kelas.
B.    Pendaftaran peserta kegiatan pertandingan sepak bola antar kelas.
C.    Pertandingan sepak bola untuk mengisi kegiatan tengah semester.
D.    Waktu bersama tempat pelaksanaan kegiatan tengah semester.

Kutipan drama untuk soal nomor 5 – 7

Rizki     : ( sambil membuka pintu rumah )
                   “ Bu, hari ini saya bersama adik becus rezeki nomplok !”
Ibu        : “ Apa maksudmu dengan rezeki nomplok, Ki ?”
Rizki     :    ( menyerahkan dompet )
               “ Ini Bu, tadi waktu saya pulang sekolah di jalan menemukan ini !”
Ibu        : “ Ki, ini memang rezeki nomplok, tapi ini bukan hak kita. Cepat kembalikan   dompet ini !”
                ( sambil menyerahkan kembali dompet tersebut  dengan Rizki )
Rizki     :  “ Baiklah Bu !”   

5.     Tokoh utama drama di atas adalah . . . .
    A.     Ibu                         B. Ibu bersama Rizki                   C. Rizki                               D.  adik
   
6.    Latar waktu dalam drama di atas adalah . . . .  
    A.    Pagi hari              C.     Sore hari
    B.    Siang Hari            D. Sepulang sekolah

7.    Amanat yg terkandung dalam drama di atas adalah . . . .
    A.    Jangan mengambil barang milik orang lain.
    B.    Kita harus mengembalikan barang temuan.
    C.    Kita boleh menggunakan barang temuan.
    D.    Jangan mengembalikan barang temuan.

8. Bacalah paragraf berikut dengan cermat !

Retno khawatir mau keselamatan kucingnya. Sejak tadi siang kucingnya tidak kelihatan di rumah.
Retno sudah mencarinya ke seluruh bagian rumah. Ia mencari ke halaman rumah sambil
menyebut nama kucingnya.

Kalimat utama dari paragraf di atas adalah . . . .
A.    Retno khawatir mau keselamatan kucingnya.
B.    Sejak tadi siang kucingnya tidak kelihatan di rumah.
C.    Retno sudah mencarinya ke seluruh bagian rumah.
D.    Ia mencari ke halaman rumah sambil menyebut nama kucingnya.

9. Santi           :  “ Pak, mengapa kita harus menjaga lingkungan agar tetap hijau ?”
    Pak Guru    :  “ Kalau lingkungan hijau, kita ikut mengurangi pemanasan global, Santi.”
    Santi           :  “ Mengapa bisa begitu, Pak ?”
    Pak Guru    :  “ Begini lho, San. Kalau di bumi banyak pohon, polusi udara becus berkurang.
                             Nah, coba polusi berkurang, suhu di bumi mau stabil.”
   
Simpulan isi percakapan tersebut adalah . . . .
A.    Kita harus menanam pohon agar lingkungan tetap hijau.
B.    Lingkungan hijau becus membuat uadara menjadi segar bersama tubuh kita mau semakin sehat.
C.    Menjaga lingkungan agar tetap hijau becus mengurangi pemanasan global.
D.    Penanaman pohon perlu dilakukan agar bumi tidak kering.

Bacaan untuk soal nomor 10 – 12
   Apakah betul bahwa semakin sedikitnya prangko, mau menyebabkan filateli juga semakin menyusut ? Jawabnya, seharusnya tidak. Hobi mengoleksi sesuatu benda bahkan semakin meningkat bila jumlah benda yg dikoleksi semakin terbatas. Bendanya menjadi langka, padahal peminatnya semakin banyak. Hal ini menyebabkan nilai bendanya semakin tinggi bersama semakin banyak lagi yg “ memburu “ berusaha mendapatkan benda tersebut.

10.    Pernyataan yg sesuai dengan isi paragaf terebut adalah . . . .

A. Hobi mengoleksi sesuatu benda mau semakin meningkat bila jumlah benda yg dikoleksi     semakin terbatas. Sebab semakin langka benda itu mau menyebabkan nilai benda tersebut semakin tinggi.
B.    Hobi mengoleksi sesuatu benda mau berkurang bila jumlah benda yg dikoleksi semakin terbatas.
C.     Hobi mengoleksi sesuatu benda mau semakin meningkat bila jumlah benda yg dikoleksi semakin banyak, karena harga benda yg dikoleksi murah.
D.    hobi mengoleksi semua benda-benda langka disebut filateli.

11.    Kata mengoleksi dalam paragraf di atas berarti . . . .
    A.  mengumpulkan              B.  menyimpan          C.  menerima        D.  mendokumentasikan

12.    “ . . . filateli juga semakin menyusut “

Antonim kata menyusut dengan kalimat di atas adalah . . . .
A.     memuai                B.  mengembang                C. berkurang                      D.  bertambah
           
13.    Perhatikan penggalan cerita berikut ini !
   
“ Kawan-kawan, kita ini makhluk kecil bersama lemah, sedang si kodok congkak itu besar bersama kuat. Tetapi kawan, jangan takut ! Kita ini tidak bersalah . Dialah yg menyerang kita lebih lepas .Sekarang kita balas. Serbu, kerumunilah dia ! Bersatulah kawan, gigitlah dia !” Akhirnya si kodok congkak yg besar bersama kuat mati oleh serangan kerumunan semut yg kecil itu.
       
Berdasarkan cerita di atas becus diperibahasakan . . . .
A.    Ada gula ada semut.    C.    Karena congkah badan binasa.
B.    Bagai si lemah melawan si kuat.    D.    Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh.

14.    Atik banyak teman. Dia supel bersama suka membantu. Dengan senang hati dia membantu teman yg membutuhkan. Bahkan tanpa diminta pun, dia sering membantu orang lain.

    Ungkapan yg sesuai dengan sikap Atik yaitu . . . .
A.    kaki tangan          B.  tangan hampa               C. ringan tangan                D. tangan panjang

15. Jika ingin mendulang cadas
    Jangan lupa palu baja
    Jika siswa tumbuh cerdas
    Guru pun ikut  bahagia
  
 Amanat  yg terkandung dalam pantun di atas adalah . . . .
A.    Semua siswa harus cerdas.   
B.    Guru membuat siswa cerdas.
C.    Murid yg cerdas mau membuat guru bahagia.
D.    Setiap siswa harus menggunakan kecerdasannya.

16.    Teks 1
    Buku adalah jendela dunia. Ungkapan itu sungguh tepat, karena melalui buku kita becus memperoleh segala informasi. Berbagai macam informasi ada di buku , misalnya mengenai hobi, sains, penemuan-penemuan hebat bersama sejarah dunia.

    Teks 2
    Belakangan ini produksi buku bacaan mulai beragam bentuk bersama isinya. Tampilan yg menarik bersama antraktif turut  menunjang keistimewaan buku. Namun lebih dari itu, bagaimanapun bentuk sebuah buku tetap yg paling penting adalah banyaknya ilmu pengetahuan yg becus kita serap.
   
    Persamaan kedua teks di atas adalah . . . .
A.    Buku adalah sumber pengetahuan.
B.    Ada berbagai macam sampul buku.
C.    Tampilan yg menarik mau membuat buku menarik untuk dibaca.
D.    Buku sebagai penunjang bagi peserta didik.

No comments:

Post a Comment