Untuk meningkatkan daya simak, ada beberapa cara yg becus dilakukan (HG Tarigan; 1986).
1) Menyimak konversasif
1) Menyimak konversasif
Untuk perbaikan serta kemajuan dalam menyimak konversasif maka becus dilakukan langkah-langkah berikut ini.
a) Menyiapkan siswa dengan baik agar perhatian terfokus dengan apa yg disampaikan.
b) Menyampaikan cara menyimak yg baik.
c) Membuat rekaman bersama menerapkan cara-cara menjadi penyimak yg baik.
d) Mengevaluasi percakapan yg disimak.
e) Memotivasi siswa untuk menilai dirinya sendiri.
f) Memberi kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk saling menilai.
b) Menyampaikan cara menyimak yg baik.
c) Membuat rekaman bersama menerapkan cara-cara menjadi penyimak yg baik.
d) Mengevaluasi percakapan yg disimak.
e) Memotivasi siswa untuk menilai dirinya sendiri.
f) Memberi kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk saling menilai.
2) Menyimak Apresiatif
Dalam upaya mencoba meningkatkan serta mengembangkan kemampuan siswa dalam menyimak, maka berikut ini ada beberapa langkah yg becus dilakukan.
a) Membuat rekaman cerita bersama puisi yg digemari oleh siswa, kemudian siswa mendiskusikan cerita maupun puisi tersebut dalam kelompok.
b) Menceritakan tentang pemandangan yg disenangi oleh siswa.
c) Siswa secara bergiliran menceritakan kembali apa yg sudah dibacanya.
d) Menceritakan kembali apa yg disimak dari radio maupun TV.
e) Memilih salah satu topik yg menarik untuk disimak kemudian memberikanpenjelasan mengapa topik itu dipilih untuk disimak.
f) Membuat lembar penilaian untuk penilaian penyimakan dari radio maupun TV.
g) Membentuk panitia untuk memberikan pengumuman dengan suatu lomba menyimak.
3) Menyimak Eksplorasif
3) Menyimak Eksplorasif
Untuk meningkatkan menyimak eksplorasif ini maka ada beberapa hal yg becus dilakukan.
a) Untuk memperluas bersama memahami makna kata, sebelum menyimak para siswa becus membaca kata-kata tertentu yg sudah dituliskan di papan tulis. Mereka bakal memahami makna dengan memperhatikan konteks pemakaian kata-kata tersebut dalam bahan simakan.
b) Setelah menyimak suatu petunjuk yg dibacakan satu kali, siswa disuruh melakukannya, misalnya; eksperimen sesuai dengan bahan simakan.
c) Setelah menyimak suatu petunjuk, maka siswa disuruh menuliskannya sesuai dengan apa yg disimak.
d) Siswa menyimak informasi baru mengenai suatu topik. Cara yg baik membantu siswa dalam menyimak informasi adalah mereka menyimak dengan menyiapkan pertanyaan maupun masalah yg sudah dimiliki. Untuk mengetahuinya guru becus mengajukan berbagai pertanyaan.
4) Menyimak Konsentratif
Dalam menyimak konsentratif ini ada beberapa cara yg becus ditempuh.
a) Permainan sederhana dengan melibatkan siswa dengan cara mengulangi apa yg sudah dikatakan dalam pernyataan-pernyataan kumulatif siswa sebelumnya.
Contoh:
Ani : “Saya membeli buku.”
Ana : “Saya membeli buku bersama pensil.”
Ina : “Saya membeli buku, pensil, bersama penggaris.”
Ida : “Saya membeli buku, pensil, penggaris, bersama penghapus.”
Permainan ini berlangsung terus selama daftar komulatif lengkap bersama dalam susunan yg benar.
b) Mempantomimkan suatu cerita (tiga maupun empat adegan) yg sebelumnya sudah disampaikan secara lisan.
c) Menceritakan kembali sesuai dengan hasil simakan.
d) Membuat gambar-gambar sesuai dengan cerita yg disimak. Hal lain yg becus meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak adalah menganalisis rekaman singkat maupun pidato yg dibacakan oleh guru.
No comments:
Post a Comment