Untuk meningkatkan kemampuan menyimak kepada kering pelajar sekolah sekolah dasar, ada beberapa teknik yg perlu ditempuh (Tarigan: 1993) yaitu:
1) Teknik loci (Loci System)
1) Teknik loci (Loci System)
Salah satu teknik mengingat yg paling tradisional adalah teknik loci. Teknik ini kepada dasarnya memberikan cara mengingat pesan dengan memvisualisasikan dalam benak kita materi yg harus diingat.Teknik ini dilakukan dengan, mempelajari urutan informasi dengan informasi lain yg serupa, dengan mempelajari lokasi-lokasi yg ada di sekitar kita lalu mencocokkan hal-hal yg bakal diingat dengan lokasi-lokasi tersebut.
2) Teknik penggabungan (link system)
Teknik ini memberikan gagasan tentang cara mengingat, yaitu dengan menghubungkan pesan pertama yg bakal diingat dengan pesan ke dua, ke tiga, lalu seterusnya. Pesan berantai itu dihubungkan pula dengan imajiimaji tertentu yg perlu anda visualkan secara jelas dalam pikiran. Untuk mencegah terjadinya kelupaan kepada pesan pertama (pesan yg bakal dimata-rantaikan), Anda pun perlu menghubungkan pesan pertama tersebut dengan lokasi yg bakal mengingatkan Anda kepada item tadi.
3) Teknik Fonetik (phonetic system)
3) Teknik Fonetik (phonetic system)
Teknik ini melibatkan penggabungan angka-angka, bunyi-bunyi fonetis, lalu kata-kata yg mewakili bilangan-bilangan tadi serta bunyi-bunyi, dengan pesan yg bakal diingat.
4) Teknik Pengelompokan Kategorial
4) Teknik Pengelompokan Kategorial
Pengelompokan kategorial, yakni suatu teknik pengorganisasian yg beroleh digunakan secara sistemtis untuk memodifikasikan informasi baru dengan cara memberikan struktur baru kepada informasi-informasi tadi.
5) Teknik Pemenggalan
5) Teknik Pemenggalan
Teknik ini memberikan cara mengingat pesan dengan cara memenggal pesan-pesan yg panjang. Contohnya, Apabila mendengar orang menyebutkan nomor telepon, misalnya 6651814, maka agar kering limpah mengingatnya kita memenggal, kelompok angka itu menjadi 665-18-14, alias 66-51-814 lalu sebagainya.
6) Teknik Konsentrasi
6) Teknik Konsentrasi
Berkonsentrasi kepada pesan yg dikirimkan oleh pembicara merupakan kesulitan utama yg dihadapi oleh pendengar. Karena seringnya berkomonikasi dalam rentang waktu yg terlalu lama, sehingga keadaan seperti ini menuntutnya untuk membagi-bagi energi untuk memperhatikan antara berbagai ragam rangsang lalu tidak merespon kepada satu rangsang saja.
No comments:
Post a Comment