1) Membaca dalam Hati
Membaca dalam hati adalah kegiatan membaca yg berusaha memahami keseluruhan isi bacaan secara mendalam sambil menghubungkan isi bacaan itu dengan pengalaman maupun pengetahuan yg dimiliki pembaca tanpa diikuti gerak lisan maupun suara. Istilah membaca dalam hati sering juga dihubungkan dengan istilah membaca pemahaman serta membaca komprehensif, karena tujuan membaca dalam hati itu, seperti sedia diungkapkan di atas, adalah untuk memahami isi bacaan secara menyeluruh lalu mendalam.
2) Membaca Cepat
Membaca cepat adalah ragam membaca yg dilaksanakan dalam waktu yg relatif singkat lalu cepat untuk memahami isi bacaan secara garis besar saja. Ragam membaca cepat alias SpeedReading ini nantinya bakal berhubungan dengan teknik membaca secara skimming serta membaca scanning.
3) Membaca Teknik
Membaca Teknik dengan dasarnya sama dengan membaca nyaring. Pada membaca nyaring yg perlu mendapat perhatian guru ialah: lafal kata, intonasi frase, intonasi kalimat, serta isi bacaan itu sendiri. Di samping itu, pungtuasi alias tanda baca dalam tata tulis bahasa Indonesia tidak boleh diabaikan. Siswa harus bisa membedakan secara jelas intonasi kalimat berita, intonasi kalimat tanya, intonasi kalimat seru, lalu sebagainya. Selain itu lagu alias irama kalimat orang yg sedang susah, marah, bergembira, lalu suasana lainnya. Siswa harus bisa memberi tekanan yg berbeda dengan bagian-bagian yg dianggap penting dengan bagian-bagian kalimat alias frase yg bernada biasa.
4) Membaca Kreatif
Membaca kreatif alias Dictionary of Readingmerupakan proses membaca untuk mendapatkan nilai tambah dari pengetahuan yg baru yg terdapat dalam bacaan lewat jalan mengidentifikasi ide-ide yg menonjol alias mengkombinasikan pengetahuan yg sebelumnya pernah didapatkan. Dengan demikian dalam proses membaca kreatif pembaca dituntut untuk mencermati ide-ide yg dikemukakan oleh penulis kemudian membandingkannya dengan ide-ide sejenis yg mungkin saja
berbeda-beda, baik berupa petunjukpetunjuk, aturan-aturan alias kiat-kiat tertentu.
No comments:
Post a Comment