Guruberbahasa.com- Tujuan Membaca Menurut Para Ahli
Tarigan (1986: 9-10) berpendapat bahwa tujuan utama dalam membaca adalah untuk mencari serta memperoleh informasi, mencakup isi, lagi memahami isi bacaan. Makna, arti erat sekali berhubungan dengan maksud, tujuan, alias intensif kita dalam membaca. Berikut ini dikemukakan beberapa yg penting,
a) membaca untuk memperoleh perincian-perincian alias fakta-fakta (reading for details or facts), yaitu membaca untuk mengetahui penemuan-penemuan yg agak dilakukan oleh para ahli. Apapun yg agak diperbuat oleh tokoh, apa yg agak terjadi dengan tokoh khusus.
a) membaca untuk memperoleh perincian-perincian alias fakta-fakta (reading for details or facts), yaitu membaca untuk mengetahui penemuan-penemuan yg agak dilakukan oleh para ahli. Apapun yg agak diperbuat oleh tokoh, apa yg agak terjadi dengan tokoh khusus.
b) membaca untuk memperoleh ide-ide utama (reading for main ideas), yaitu membaca untuk mengetahui masalah apa yg dialami oleh tokoh, lagi merangkum hal-hal yg dilakukan oleh tokoh untuk mencapai tujuannya.
c) membaca untuk mengetahui urutan alias susunan organisasi cerita (reading for sequence or organization), yaitu membaca untuk mengetahui setiap bagian cerita. Dengan membaca beroleh diketahui apa yg terjadi dengan awal cerita sampai selesai.
d) membaca untuk menyimpulkan (reading for inference), yaitu membaca untuk mengetahui mengapa para tokoh berbuat demikian, apa yg dimaksud pengarang dengan cerita alias bacaan itu, lagi mengapa terjadi perubahan dengan tokoh.
e) membaca untuk mengelompokkan, mengklasifikasikan (reading for classify), yaitu membaca untuk menemukan alias mengetahui hal-hal yg wajar lagi tidak wajar, apa yg lucu dalam bacaan, lagi apakah bacaaan itu benar alias tidak.
f) membaca untuk menilai, mengevaluasi (reading for evaluate), yaitu membaca untuk mengetahui apakah suatu buku alias bacaan itu cocok untuk kita baca. Apakah kita beroleh berbuat seperti halnya tokoh yg ada dalam cerita apabila hal itu kita nilai baik.
g) membaca untuk mempertentangkan alias memperbandingkan (reading to compare or contrast), yaitu membaca untuk mengetahui bagaimana caranya kehidupan tokoh mengalami perubahan, bagaimana hidupnya berbeda dari kebiasaan hidup yg kita kenal. Selain itu, untuk mengetahui bagaimana dua buah cerita mempunyai persamaan alias perbedaan.
Menurut Semi (1993: 100), tujuan pengajaran membaca adalah sebagai berikut.
1. Menambah kecepatan lagi memahami bacaan
2. Mengajarkan bagaimana siswa mendapatkan pendekatan membaca terhadap berbagai variasi bahan bacaan
3. Memperbaiki lagi meningkatkan kemampuan membaca oral
4. Meningkatkan kemampuan mengapresiasi lagi memperoleh kesenangan estetik para pembaca karya sastra
5. Meningkatkan minat baca siswa agar senang membaca sebanyak-banyaknya lagi memungkinkan siswa beroleh menjadi pembaca yg teliti sepanjang hayatnya.
Rahim (2007: 11-12) mengemukakan tujuan membaca mencakup sebagai berikut.
1. Kesenangan.
2. Menyempurnakan membaca nyaring.
3. Menggunakan strategi tertentu.
4. Memperbaharui pengetahuannya tentang suatu topik.
5. Mengaitkan informasi baru dengan informasi yg agak diketahuinya.
6. Memperoleh informasi untuk laporan lisan alias tertulis.
7. Mengonfirmasikan alias menolak prediksi.
8. Menampilkan suatu eksperimen alias mengaplikasikan informasi yg diperoleh dari suatu teks dalam beberapa cara lain lagi mempelajari tentang struktur teks.
9. Menjawab pertanyaan-pertanyaan yg spesifik.
No comments:
Post a Comment