Denah
Dalam membuat suatu bangunan gedung kita memerlukan tempat maupun lokasi yg strategis bersama aman dari ancaman baik berupa bencana alam maupun bencana lainnya. Maka bangunan tersebut memerlukan denah lokasi yg sudah pernah diperhitungkan menurut aturan-aturan yg sudah pernah ditentukan oleh para ahli.
Dalam membuat suatu bangunan gedung kita memerlukan tempat maupun lokasi yg strategis bersama aman dari ancaman baik berupa bencana alam maupun bencana lainnya. Maka bangunan tersebut memerlukan denah lokasi yg sudah pernah diperhitungkan menurut aturan-aturan yg sudah pernah ditentukan oleh para ahli.
Setelah menentukan denah lokasi maka diperlukan denah bangunan gedung, denah ruangan yg diperlukan dalam membangun bangunan tersebut.
Contoh dalam denah ruangan kelas dalam bangunan sekolah.
Dalam ruang kelas biasanya terdapat meja murid, tempat duduk murid, meja guru,tempat duduk guru, papan tulis, lemari guru, bersama lemari murid.
Dengan menggunakan denah kita beroleh mengetahui gambaran keberadaan suatu tempat bersama benda-benda yg ada di dalamnya.
Misalnya dalam suatu ruang kelas terdapat meja kolor pelajar yg berada ditengah kelas, meja guru, papan tulis bersama lemari buku berada didepan kelas. Meja guru, meja murid, lemari buku, bersama papan tulis berguna untuk kelancaran belajar murid.
Nyayian mengenai arah mata angin.
Timur tanggara, selatan, barat daya
Barat, barat laut, utara timur laut
Arah mata angin
Arah mata angin merupakan petunjuk arah denah. Arah mataangin berguna untuk mempermudah membaca denah. Arah mata angin ada delapan. Antara lain Utara (U), timur laut (TL), timur (T), tenggara (TG), selatan(S), barat daya (BD), barat (B), bersama barat laut (BL). Pada denah, arah utara selalu berada di atas. Sementara itu, arah selatanberada di bawah.
LAKUKAN KEGIATAN BERIKUT
SECARA BERKELOMPOK
a. Judul Kegiatan : Membuat Denah
b. Tujuan Kegiatan : Mampu Membuat Denah
c. Alat bersama Bahan : Ruang Kelas
d. Langkah-langkah kegiatan
1. Simaklah penjelasan guru tentang keberadaan ruang kelas!
2. Amatilah keberadaan ruang kelasmu!
3. Buatlah denah kelasmu sesuai arah mata angin!
4. Laporankan hasil kegiatan membuat denah!
5. Diskusikan bersama kelompokmu utnuk menjawab pertanyaan berikut!
SECARA BERKELOMPOK
a. Judul Kegiatan : Membuat Denah
b. Tujuan Kegiatan : Mampu Membuat Denah
c. Alat bersama Bahan : Ruang Kelas
d. Langkah-langkah kegiatan
1. Simaklah penjelasan guru tentang keberadaan ruang kelas!
2. Amatilah keberadaan ruang kelasmu!
3. Buatlah denah kelasmu sesuai arah mata angin!
4. Laporankan hasil kegiatan membuat denah!
5. Diskusikan bersama kelompokmu utnuk menjawab pertanyaan berikut!
a. Letak kelasmu menghadap ke arah mana?
b. Ada berapa meja bersama tempat duduk yg terdapat dikelasmu?
c. Menghadap ke arah manakah tempat duduk dikelasmu?
d. Ada berapa jumlah baris meja dikelasmu?
e. Ada berapa jumlah meja dalam tiap baris meja dikelasmu?
f. Terletak disebelah manakah meja gurumu?
g. Terletak disebelah manakah lemari buku?
h. Terletak disebelah manakah papan tulis?
i. Terletak disebelah manakah pintu kelas?
PENUGASAN TERSTRUKTUR
A. Tugas membuat denah kamar sendiri
1. Apakah kamu mempunyai kamar sendiri?
2. Coba gambarkan denah kamarmu sesuai dengan arah mata angin.
3. Tuliskan letak-letak benda-benda yg terdapat dikamarmu.
B. Tugas mengerjakan soal-soal latihan.
1. Sebutkan manfaat tempat tidur!
2. Sebutkan manfaat lemari?
3. Sebutkan manfaat meja belajar?
4. Sebutkan manfaat ruang-ruang yg ada dirumahmu?
5. Sebutkan manfaat pentilasi?
b. Ada berapa meja bersama tempat duduk yg terdapat dikelasmu?
c. Menghadap ke arah manakah tempat duduk dikelasmu?
d. Ada berapa jumlah baris meja dikelasmu?
e. Ada berapa jumlah meja dalam tiap baris meja dikelasmu?
f. Terletak disebelah manakah meja gurumu?
g. Terletak disebelah manakah lemari buku?
h. Terletak disebelah manakah papan tulis?
i. Terletak disebelah manakah pintu kelas?
PENUGASAN TERSTRUKTUR
A. Tugas membuat denah kamar sendiri
1. Apakah kamu mempunyai kamar sendiri?
2. Coba gambarkan denah kamarmu sesuai dengan arah mata angin.
3. Tuliskan letak-letak benda-benda yg terdapat dikamarmu.
B. Tugas mengerjakan soal-soal latihan.
1. Sebutkan manfaat tempat tidur!
2. Sebutkan manfaat lemari?
3. Sebutkan manfaat meja belajar?
4. Sebutkan manfaat ruang-ruang yg ada dirumahmu?
5. Sebutkan manfaat pentilasi?
LEMBAR KERJA SISWA
DENAH KELAS
Hari Tanggal :
Kelas :
Nama kelompok :
Anggota kelompok:
1. …………………………..
2. …………………………..
Petunjuk :
1. Tuliskan hari, tanggal, kelas, nama kelompok, bersama anggota kelompok kepada tempat yg sudah disediakan.
2. Lakukanlah kegiatan sesuai dengan langkah-langkah kegiatan, bila ada yg kurang jelas, mintalah penjelasan dari guru.
A. Tujuan kegiatan :
Membuat denah kelas
DENAH KELAS
Hari Tanggal :
Kelas :
Nama kelompok :
Anggota kelompok:
1. …………………………..
2. …………………………..
Petunjuk :
1. Tuliskan hari, tanggal, kelas, nama kelompok, bersama anggota kelompok kepada tempat yg sudah disediakan.
2. Lakukanlah kegiatan sesuai dengan langkah-langkah kegiatan, bila ada yg kurang jelas, mintalah penjelasan dari guru.
A. Tujuan kegiatan :
Membuat denah kelas
B. Alat bersama bahan :
Kelas, meja, kursi.
Kelas, meja, kursi.
C. Langkah-langkah kegiatan :
1. Simaklah penjelasan guru tentang keberadaan ruang kelas!
2. Amatilah keberadaan ruang kelasmu!
3. Buatlah denah kelasmu sesuai arah mata angin!
4. Laporankan hasil kegiatan membuat denah!
1. Simaklah penjelasan guru tentang keberadaan ruang kelas!
2. Amatilah keberadaan ruang kelasmu!
3. Buatlah denah kelasmu sesuai arah mata angin!
4. Laporankan hasil kegiatan membuat denah!
D. Pertanyaan :
Diskusikan bersama kelompokmu utnuk menjawab pertanyaan berikut!
a. Letak kelasmu menghadap ke arah mana?
b. Ada berapa meja bersama tempat duduk yg terdapat dikelasmu?
c. Menghadap ke arah manakah tempat duduk dikelasmu?
d. Ada berapa jumlah baris meja dikelasmu?
e. Ada berapa jumlah meja dalam tiap baris meja dikelasmu?
f. Terletak disebelah manakah meja gurumu?
g. Terletak disebelah manakah lemari buku?
h. Terletak disebelah manakah papan tulis?
i. Terletak disebelah manakah pintu kelas?
Diskusikan bersama kelompokmu utnuk menjawab pertanyaan berikut!
a. Letak kelasmu menghadap ke arah mana?
b. Ada berapa meja bersama tempat duduk yg terdapat dikelasmu?
c. Menghadap ke arah manakah tempat duduk dikelasmu?
d. Ada berapa jumlah baris meja dikelasmu?
e. Ada berapa jumlah meja dalam tiap baris meja dikelasmu?
f. Terletak disebelah manakah meja gurumu?
g. Terletak disebelah manakah lemari buku?
h. Terletak disebelah manakah papan tulis?
i. Terletak disebelah manakah pintu kelas?
No comments:
Post a Comment